Ahli Hippoterapi, Profesional Berkuda Sembari Berikan Terapi Pada Penyandang Disabilitas

Admin,
1 Maret 2022 - 23:8

Dari sekian banyak karir di dunia, salah satu yang masih asing adalah Ahli Hippoterapi. Profesi ini sama halnya dengan instruktur berkuda, tetapi bedanya mereka tidak sekadar melatih namun juga sebagai terapis.

Hippoterapi adalah praktik menunggang kuda sebagai terapi untuk anak-anak dan dewasa yang mengalami cacat. Kegiatan itu juga dapat digunakan sebagai terapi fisik, yang mana gerakan kuda mempengaruhi tubuh penunggang. Selain itu, manfaat lainnya yakni meningkatkan interaksi dan sosialisasi dari psien. Adapun bentuk pelatihannya yakni memberikan latihan kecakapan hidup, rehabilitasi dan kesempatan kerja bagi penyandang disabilitas.

  • Bertugas sebagai tim perawatan

Instruktur terapi kuda adalah bagian dari tim perawatan. Anda akan bekerja secara profesional medis untuk membantu pasien mencapai tujuan mereka, seperti mengembangkan keseimbangan, koordinasi, mobilitas, meningkatkan tonus, kekuatan otot, konsentrasi, memberikan kemandirian dan rasa percaya diri, hingga memotivasi.

  • Proses kerja

Anda dituntut bertanggung jawab mengajarkan pelajaran privat dan kelompok, membuat rencana pelajaran untuk mendukung tujuan, melaukan penilaian, menulis catatan kemajuan dan merawat kuda. Bersamaan dengan menikmati belajar dan mengajar, ahli terapi juga memerlukan keterampilan menunggang kuda dan pemahaman tentang penyandang disabilitas.

Biasanya, mereka memulai profesi ini sebagai sukarelawan untuk mendapatkan pengalaman. Beberapa juga memiliki latar belakang pendidikan ilmu sosial atau diploma karena ahli hippoterapis mengambil pendekatan dari bidang psikologi, konseling, dan sosiologi.

 

Untuk menjadi ahli hippoterapi, The Profeesional Association of Therapeutic Horsemanship International (PATH INTL) selaku organisasi yang menawarkan lokakarya dan program sertifikasi bisa membantu para calon kandidat menjadi profesional di bidang tersebut. Mencapai kresidensial dapat meningkatkan peluang agar lebih sukses dan memperoleh gaji lebih.  

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp